Masak ceker ayam dengan Empuk dan Tidak Amis


Ceker, menu kesukaan ala orang Indonesia, biasanya ceker bisa dinikmati dengan sajian sop ataupun bisa juga dengan digoreng, tentu memberikan kenikmatan tambahan bagi pecinta kuliner masakan ceker. Tapi memang mengolah dan memasak ceker ayam itu ada tantangannya sendiri. Belum lagi dengan khawatir bau amisnya yang susah hilang. Berikut tips simpel mengolah ceker ayam agar empuk dan juga bebas bau amis.

Buang Kotoran, Kuku, dan Kulit Arinya
Kebersihan jadi faktor penentu yang utama agar olahan ceker tidak amis. So, pastikan buang kotoran, kuku, dan juga kulit ari atau kulit luar ceker sebelum diolah. Kalau kesulitan mengupas kulit arinya, rendam dulu di air panas. Nanti kulit arinya akan lebih lunak dan gampang dibuang.

Lumuri dengan Air Jeruk Nipis atau Cuka
Gunakan air jeruk nipis atau cuka untuk melumuri ceker ayam. Diamkan dulu sekitar 15 menit. Baru setelah itu bersihkan dengan air. Sebisa mungkin pakai air mengalir ya agar kotoran dan sisa-sisa cuka atau air jeruk nipis tak menempel dan membuat rasanya pahit. Kalau sudah dicuci bersih, bau amisnya bisa langsung berkurang drastis.

Rebus dengan Aneka Rempah
Biar ceker ayam empuk, kita bisa merebusnya dengan panci biasa atau panci presto. Kalau pakai panci presto, prosesnya bisa jauh lebih cepat yaitu sekitar 10 menit saja untuk merebusnya. Campurkan aneka rempah seperti jahe, serai, dan daun jeruk untuk menghilangkan bau yang tak sedap. Aroma rempah ini akan memberi cita rasa tersendiri pada ceker ayam yang dimasak.


Masak dengan Bumbu Pedas
Familiar dengan menu Ceker Pedas, Ceker Setan, atau Ceker Lapindo? Menu-menu tersebut dimasak dengan bumbu super pedas. Salah satu kelebihan memasak ceker dengan bumbu pedas adalah aroma amisnya akan hilang. Digantikan dengan cita rasa ceker yang gurih dan bumbu super pedas.
SHARE

Halabiyu

Medianya Urang Halabiyu

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar