Belajar Fotografi, Ini Rahasia Utamanya!

source : GoAheadPeople.com
Dunia fotografi akhir-akhir ini sudah menjadi trend , di mana dunia fotografi tidak hanya digemari mereka yang berprofesi sebagai fotografer, tetapi sudah mencakup dari usia muda hingga tua. Seiring berkembangnya jaman, kamera yang tersedia pada smartphone sudah memberikan fasilitas dengan keunggulannya masing-masing, karena itulah banyak para pengguna smartphone yang mulai menyukai dunia fotografi.

Dulu, dunia fotografi hanya digemari orang-orang tertentu saja, selain untuk hobby juga sebagai profesi mereka. Berbeda dengan sekarang, jamannya media sosial, di mana para pengguna media sosial lebih suka mengabadikan moment mereka dengan foto, baik berupa kegiatan bahkan cuman sekedar untuk eksis di media sosial saja. Tentu, mereka terlebih dahulu harus mempunyai kamera.

Kamera, benda yang dipakai dalam dunia fotografi. Pemilihan kamera bisa mempengaruhi hasil foto yang ada, karena setiap kamera mempunyai keunggulannya masing-masing, untuk itulah jika kamu bermiat untuk belajar fotografi, pastikan kamu membeli kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu juga, tentunya budget yang dimiliki harusnya sesuai. Untuk tipe kamera itu sendiri bisa saja berupa kamera pocket, DSLR, hingga mirorless.

Untuk seorang pemula dalam belajar fotografi, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipelajari terlebih dahulu, yaitu berupa teknik dalam pengambilan foto. Jika kamu ingin menghasilkan foto-foto yang bagus, terlebih dahulu kamu harus mengetahui teknik-teknik dasar dari fotografi, tidak hanya objek mengandalkan objek saja, pengetahun kamu tentang kamera pun perlu ditingkatkan, setidaknya mengetahui dasar-dasar kamera tersebut, karena dari itulah sudah disebutkan bahwa pemilihan kamera nantinya akan mempengaruhi hasil dari foto-fotomu. Dalam belajar fotografi, kamu terlebih dahulu mengetahui dasar tentang ISO, Apertur, dan Shutterspeed, tiga hal ini lah yang harus kamu ketahui sebagai seorang pemula dalam belajar fotografi. Selain itu, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tentang pencahayaan dalam pengambilan foto tersebut.

Mempelajari pencahayaan untuk pengambilan sebuhah foto bukanlah hal yang terlalu sulit dalam belajar fotografi, sebelum mengambil foto, coba kamu perhatikan dari cahaya yang ada pada sekitar, maksudnya di sini adalah intensitas cahayanya, memperhatikan sumber cahaya yang ada, pelajari bagian mana saja yang menghasilkan highlight, midhtown bahkan shadow atau bayangan. Jika kamu selalu memperhatikan hal ini, maka secara tak sadar nantinya kamu tidak terlalu sulit untuk pengambilan gambar dalam kondisi apapun, karena sudah mempelajarinya dengan bagus.

Selanjutnya, selain cahaya, hal yang berikutnya yang perlu kamu ketahui dalam belajar dunia fotografi adalah masalah komposisi.  Komposisi di sini mempunyai peran penting yang nantinya akan menyampaikan pesan dari foto tersebut kepada orang lain yang melihatnya. Dalam pengambilan foto, jangan terpaku hanya dari pengambilan satu arah, cobalah untuk mengambil foto dari berabagi sudut, yang nantinya kita tentukan darimana sudut atau arah yang lebih bagus terhadap foto tersebut. Setidaknya, kita perlu kreativitas tersendiri dalam pengambilan foto. Namun hal dasar yang perlu diperhatikan tak lepas dari garis horizontal dan vertikal dalam pengambilan foto tersebut.

Berikut tadi sedikit gambaran hal utama dan yang paling mendasar jika kamu ingin belajar fotografi, setidaknya sebagai hobby atau bahkan nantinya bisa menjadi profesi kamu sebagai fotografer professional. Memang semuanya membutuhkan proses, tidak ada seorang fotografer yang menghasilkan karya luar biasanya secara instan, semuanya mempelajari teknik-teknik dasar terlebih dahulu, seperti teknik yang telah disinggung di atas, lambat laun semua materi tersebut akan menjadi kebiasaan dan kamu tidak akan terpaku lagi dalam teknik pengambilan foto.
SHARE

Halabiyu

Medianya Urang Halabiyu

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: