Mempercantik Basement: Kenapa Tidak?


Hal yang pertama kali melintas di pikiran orang saat membicarakan basement pastilah tidak jauh-jauh dari sebuah ruang bawah tanah yang gelap, sumpek, berdebu, jarang didatangi, dan berfungsi sebagai ‘tempat sampah’ untuk para furniture dan peralatan rumah tangga lain yang tak lagi berguna bagi anggota keluarga. Padahal, basement merupakan bagian dari rumah tempat Anda dan keluarga tinggali yang seharusnya tidak hanya berfungsi sempat tempat untuk menyimpan benda yang tak terpakai lagi. Terdapat banyak fungsi lain yang dapat basement Anda ‘tangani’. Penasaran? Mari cermati artikel di bawah ini yang membahas apa saja yang bisa Anda ‘sulap’ dari basement rumah Anda!

1. Basement sebagai Ruang Santai Keluarga
Menjadikan basement Anda sebagai ruang santai atau ruang rekreasi Anda dapat mengubah ‘karakter’ basement itu sendiri. Basement, yang tadinya lekat dengan kesan kumuh, kotor, lembab, dan seram dapat Anda ubah menjadi sebuah ruangan yang memiliki kesan hangat, bersih, santai dengan cara menempatkan sofa-sofa santai berwarna cerah seperti kuning, biru, dan hijau, lalu menempatkan televisi, rak buku, dan pajangan warna-warni.

Dengan mengubah basement menjadi ruang santai untuk Anda dan keluarga, Anda dapat menghidupkan kembali suasana rumah Anda dengan canda tawa dan mengubah suasana basement yang tadinya identic dengan kegelapan dan keheningan menjadi ruangan yang penuh canda tawa.

2. Basement sebagai Ruang Gym: Unik dan Seru!
Ingin hidup sehat tapi bingung caranya? Pengen jadi member gym tapi malas harus sering keluar rumah? Jangan khawatir! Untuk Anda yang ingin membugarkan tubuh tanpa harus keluar rumah, kenapa tidak ‘membawa’ gym ke basement rumah Anda? Memang, menjadikan basement sebagai ruang gym memerlukan tenaga dan dana yang tidak sedikit. Namun bila dihitung-hitung, daripada menghabiskan waktu berjam-jam bila harus ke tempat gym, belum lagi mengeluarkan biaya untuk bensin berkali-kali, hmm..lebih hemat dan praktis sebenarnya. Anda bisa menempatkan alat-alat gym sederhana yang basic seperti treadmill, dumbbell, barbell, pull-up bar, sit-up bench, static bicycle, dan matras.

Atur penataan peralatan gym se-apik mungkin. Anda bisa memasang kipas angina atau AC dengan suhu yang tidak terlalu dingin serta menaruh pot-pot kecil tanaman di dekat jendela basement untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Ingat, karena basement merupakan ruangan indoor yang tergolong lembab, jangan paksakan banyak alat dalam satu ruangan sekaligus terlbih bila ukuran basement Anda tidak terlalu luas, ya!
  
3. Basement sebagai Ruang Tamu
Basement sebagai tempat Anda menjamu keluarga dan sahabat terkasih merupakan ide yang sangat unik dan cemerlang. Betapa tidak? Keluarga yang menjadikan basement rumah nya sebagai ruang tamu mungkin dapat dihitung lewat jari. Tinggal menempatkan sofa warna warni, meja tempat camilan ringan, lukisan dan pajangan yang apik, serta memastikan sirkulasi udara berjalan lancar dengan adanya kipas atau AC di dalam ruangan, Anda sudah sukses memiliki ruang tamu yang unik.

Otak-Atik Basement Tetap Memerlukan Konsultasi dengan Ahli
Sebelum Anda memutuskan untuk mengubah fungsi basement Anda menjadi ruang santai, ruang gym, ataupun ruang tamu, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan kontraktor atau tukang bangunan yang paham dengan rumah Anda. Jangan sekali-sekali mengubah bentuk rumah Anda secara total tanpa berkonsultasi dengan pihak yang ‘mengerti’ rumah Anda demi menghindari rasa menyesal dikemudian hari.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan basement, baik untuk digunakan ruangan atau hanya sekedar mempercantik tampilan, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
SHARE

Halabiyu

Medianya Urang Halabiyu

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: