Asuransi Pendidikan


Meskipun pemerintah memiliki program pedidikan gratis, nyatanya masih banyak sekolah yang memerlukan biaya pendidikan di luar iuran bulanan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri masih sangat sedikit sekolah favorit yang mengikuti program sekolah gratis, sehingga masih banyak anak-anak yang mengenyam pendidikan gratis dengan kualitas yang biasa saja.

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting bagi hidup seseorang termasuk anak Anda. Jika melihat kondisi seperti ini, tentunya Anda harus pintar-pintar memilih lembaga pendidikan sehingga anak Anda kelak memiliki masa depan yang cerah. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempersiapkan wadah dana pendidikan sejak dini bagi si kecil, itulah mengapa kini terdapat banyak sekali asuransi pendidikan. Apakah Anda salah satu pemiliknya? Jika bukan, berikut penjelasan mengapa Anda perlu memiliki asuransi pendidikan.

Pengertian Asuransi Pendidikan
Pada dasarnya pengertian asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pendidikan anak. Melalui asuransi pendidikan, Anda bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap biaya pendidikan yang kelak akan Anda keluarkan. Jika dilihat dari penawarannya, produk asuransi pendidikan adalah gabungan antara produk asuransi dwiguna (endwowment insurance) dan unitlink. Manfaat utama  dari produk asuransi ini adalah melindungi orang tuanya(life insurance) sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan anak.

Asuransi pendidikan memberikan perlindungan atau proteksi kepada orang tua yang berperan sebagai pencari nafkah sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan,jika sesuatu terjadi pada orang tua. Selain itu, asuransi jiwa juga memiliki kelebihan yakni memiliki waktu pencairan yang dapat disesuaikan dengan periode pendidikan, misalnya ketika akan masuk TK, SD, SMP, SMA, dan juga kuliah.

Jenis Asuransi Pendidikan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi pendidikan memiliki 2 jenis pilihan asuransi yakni asuransi dwiguna (endowment) dan juga asuransi unitlink.  Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya.
  • Asuransi Pendidikan Dwiguna (Endowment insurance)
Asuransi jenis ini merupakan salah satu jenis asuransi tradisional dan tentu saja sudah ada sejak zaman dahulu. Produk asuransi dwiguna tidak menerapkan sistem investasi, sehingga keuntungan untuk dana pendidikan yang didapat angkanya sudah jelas. Biasanya nilai dana pendidikan akan lebih kecil dibandingkan dengan asuransi unitlink, karena asuransi unitlink biasanya menerapkan investasi.
  • Asuransi Pendidikan Unitlink
Tidak jauh berbeda dengan asuransi pendidikan jenis unitlink, perbedaannya hanya pada saat Ana membeli unitlink tersebut. Pada asuransi pendidikan unitlink, keuntungan investasi diambil sesuai dengan waktu untuk membayar biaya pendidikan. Sehingga bisa dibilang kalau asuransi pendidikan unitlink lebih fleksibel, karena investasi (unit) sewaktu-waktu bisa dicairkan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk kelemahannya adalah asuransi ini bersifat investasi sehingga tidak ada jaminan atas keuntungan.

Mengapa Asuransi Pendidikan itu Penting?
Terdapat setidaknya tiga manfaat utama dari asuransi pendidikan yang akan Anda peroleh di masa depan yakni, manfaat investasi, perlindungan, dan juga fungsi keberlanjutan.
  • Manfaat Investasi
Setelah Anda membayar premi, maka sebagian premi yang Anda bayarkan akan dikelola dan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi. Premi tersebut bisa diinvestasikan ke beberapa instrument investasi, salah satunya adalah pada reksadana saham. Kemudian Anda pun akan menerima sejumlah dana dari perusahaan asuransi tersebut untuk membayar kebutuhan pendidikan anak yang jumlahnya sesuai dengang polis asuransi.
  • Manfaat Perlindungan
Asuransi bukanlah sekedar melindungi Anda ketika mengalami kesulitan finansial, bahkan ketika Anda sebagai pihak tertanggung meninggal dunia. Asuransi sudah pasti akan menjamin biaya pendidikan anak Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan pendidikan dan masa depan anak yang Anda tinggalkan.
  • Fungsi keberlanjutan
Selain saldo dana investasi bisa digunakan untuk memenuhi biaya kebutuhan pendidikan, dana tersebut bisa Anda gunakan pula sebagai dana pensiun, wisata, dan bahkan untuk warisan.

Tips Singkat Memilih Asuransi Pendidikan
Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih asuransi pendidikan:
  • Sebelum membeli pastikan Anda tahu berapa dana pendidikan yang dibutuhkan dan cara kerja asuransi pendidikan
  • Pilih asuransi pendidikan yang biaya akuisisinya tidak terlalu tinggi
  • Pilih asuransi pendidikan yang memiliki fitur pembebasan premium atau ditabungkan sampai anak lulus kuliah apabila terjadi risiko pada pencari nafkah utama
  • Ingat, jika Anda memilih asuransi pendidikan dan membelinya yang harus menjadi tertanggung adalah sang pencari nafkah, bukan anaknya.
  • Pilih asuransi tambahan (rider) yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Pertimbangkan pula bagaimana periode pembayaran premi dan kapan waktu pencairannya
  • Pilih paket asuransi pendidikan yang sesuai dengan perkiraan umur anak selesai kuliah.
Nah itulah beberapa hal mengenai asuransi pendidikan, semoga penjelasan di atas bisa Anda jadikan sebagai pertimbangkan untuk segera memiliki asuransi pendidikan untuk anak Anda. Dalam memilih agen asuransi juga menjadi salah satu faktor yang penting, Anda bisa memilih asuransi pendidikan dari bank DBS Indonesia yang menawarkan beragam keunggulan.

Mulai dari mendapatkan pembayaran tunai sebagai total anggaran pendidikan hingga 250% dari jumlah pertanggungan dengan masa pembayaran premi yang leluasa mulai dari 5, 10, dan 15 tahun, dan pembayaran tunai sebesar 120% saat anak berusia 18 tahun, 15% saat anak berusia 19-22 tahun, dan 70% untuk anak yang akan mendekati 23 tahun.
SHARE

Halabiyu

Medianya Urang Halabiyu

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar