Mengurangi Rasa Cemas dengan Berolahraga


Tanpa harus meminum obat-obatan dengan efek jangka panjang, Anda dapat mengurangi perasaan cemas berlebihan dengan melakukan beberapa cara alami. Salah satunya dengan berolahraga.

Cemas membuat siapa saja tidak nyaman. Meski tidak dihadapi pada situasi sulit sekalipun, rasa cemas dapat menghantui siapa saja, termasuk Anda. Telapak tangan mudah berkeringat, sulit bernapas dan jantung berdetak lebih kencang merupakan tanda bahwa Anda terserang cemas.

Sebelum memutuskan untuk bertemu dengan dokter, menjalani terapi atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengapa tidak mencoba cara yang lebih alami berikut ini yang tentunya tidak memiliki efek samping apapun kecuali membuat Anda lebih relaks.

Olahraga
Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Georgia menemukan fakta bahwa 20 persen 3.000 orang partisipan dengan kondisi medis bervariasi yang kerap melakukan olahraga secara rutin, mulai dari jalan santai, lari hingga angkat besi, dilaporkan tidak menunjukkan gejala-gejala awal terserang penyakit cemas berlebih. Dengan kata lain, olahraga merupakan cara terampuh untuk mengatasi rasa cemas pada diri Anda. Bahkan, mereka yang tidak dilanda kecemasan pun harus berolahhraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat mengatakan bahwa aerobic, lari, renang, bersepeda dan jalan santai merupakan olahraga yang harus dilakukan oleh mereka yang mudah cemas. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga respon otak terhadap tekanan seperti stres dapat berkurang secara signifikan.

Tarik napas
Menarik napas dalam-dalam saat dilanda kecemasan mungkin terdengar klise, namun berhenti sejenak dari segala aktivitas dan menarik dan menghembuskan napas secara perlahan terbukti dapat menurunkan level kecemasan. Menurrut American Institute of Stress, pernapasan perut yang ditandai dengan tarikan napas secara perlahan dan dalam yang dilakukan selama 20 hingga 30 menit secara rutin setiap harinya dapat meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Oksigen dalam otak berfungsi untuk menstimulasi sistem saraf agar tubuh lebih relaks.
SHARE

Halabiyu

Medianya Urang Halabiyu

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar